Welcome to PingooMoslem™ Blogsite | Post | Comment | Best View On Mozilla Firefox v12.0 or Above with minimum 1024 x 768 Pixel Resolution | Available at 7dotkom.blogspot.co.id | والقلم وما يسطرون | ♥ PINGOOMOSLEM GIVING, SHARING, INVITATION TO THE TRUTH ♥ |

Now Loading...

^_^

Design By :
PingooMoslem™
(Help)(Close)
Clock update...
WARNA DAN UKURAN HURUF

Install Ulang Hatimu ^_^ Restart dengan Shalat!

Bagikan artikel ini :
Print
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Ketika 'Trojan Trojan Cinta' mulai menginfeksi fikiranmu, mengacaukan sistem Ketahanan Akidahmu dan mengacak ngacak File Rencanamu, Cerdaslah dan sadarilah bahwa Itu adalah tanda tanda System Operasi Hidupmu sedang terinfeksi Virus. Jika dibiarkan, tidak akan lama lagi Komputer Kehidupanmu akan mengalami "Fatal Error" atau Blue Screen yang menandai Kematian Hatimu. Inilah saatnya kamu melakukan Instal Ulang Hati dan memasang System Operasi Baru agar Tubuhmu bekerja secara Normal dan kinerja Hatimu Optimal kembali

Jika tidak segera di Instal Ulang, maka Komputer Kehidupanmu tidak akan berfungsi.

Lihatlah tanda tandanya, komputermu sering "Restart" sendiri, loading terlalu lama, sangat lambat bahkan membantah dan banyak alasan saat diperintah.

Sahabatku yang Cerdas!

Komputer dalam kondisi sehat akan merespon dengan cepat saat diperintah.

Sesaat setelah jari kita menekan tombol OK sebagai Eksekusi perintah kepada CPU, dia akan segera melaksanakannya dalam sepersekian detik. Tapi lihatlah saat dia sakit, setelah berfikir sekian lama hasilnya kadang hanya berupa bantahan dengan notifikasi notifikasi pembelaan diri seperti Eror, Failed, Aborted dan sebagainya..

Ini pelajaran berharga bagi Manusia, bagi kita.

Jika manusia, diperintah Allah Azza Wajala kemudian sering membantah, dapat dipastikan Manusia tersebut sedang tidak Sehat atau Sakit yang dalam bahasa Komputer dikenal sebagai "Fatal Eror" yang ditandai dengan "Blue Screen"!

Ketika System Operasi sebuah Komputer sudah dijangkiti Virus, sebagus apapun spesifikasi Hardware atau Perangkat Keras yang di tancapkan, tetap saja akan bekerja lambat dan bahkan Hang.

Silahkan konsultasikan kepada pakar IT, apakah hal terbaik yang harus dilakukan saat komputer sering hang atau diam lalu membantah saat diberi perintah?

Jawabannya pasti hanya dua opsi;

Segera Restart komputer itu, atau jika masih saja sering Hang tidak ada pilihan selain Instal Ulang.

Sahabatku yang cerdas!

Hardware atau perangkat keras sebuah komputer setidaknya terdiri dari Motherboard, Processor, RAM, Hardisk, Keyboard, Mouse, Layar, Listrik sebagai Poewer Supply dan Sebuah System Operasi yang menjadi Ruhnya yang berbentuk Windows.

Saya analogikan,

Dalam tubuh manusia Motherboard dan Prosesor-nya adalah Otak yang digunakan untuk proses berfikir setelah menerima input perintah dari Mouse atau Keyboard.

Hardisk adalah Ingatan data data dan rencana yang siap ditampilkan ke Layar wajah dengan bantuan 6 Indra manusia.

Listrik yang berupa Power Suply adalah Energi darah yang dihasilkan dari makanan dan minuman.

Kemudian System Operasinya adalah Agama dalam Hati yang tersimpan Nurani dari Nur Illahi yang diberi Merk dagang Al Islam

Nah, jika System Operasi Hati ini tidak bekerja akibat gangguan sebuah Virus, maka seluruh Indra Tubuh manusia tidak akan bekerja.

Jika system Operasi Hati sudah tidak bekerja, maka percuma saja menambah program program lain.

Bahkan jika kita Instal Anti-Virus pun sudah sangat telat dan terlambat. Saya analogikan lagi, coba saja Instal Anti Virus saat Komputermu sudah parah dan file-systemnya sudah dikuasai Virus,..

Kemungkinan kecil saja akan berhasil, dan ini akan sangat sulit; System akan secara automatis menolak Instalasi semua program baru..

Coba saja, manusia yang sedang Fatal Error dipasang program Sabar dan Ikhlas..

Saya sangat yakin, manusia itu tidak akan merespon sedikitpun dan dia akan tetap diam, mungkin menertawakanmu dengan menuduhmu Error. Karena dia tidak butuh nasihat, yang dia butuhkan adalah "Sentuhan".

Semoga Analogi ini menyentuhmu.

Instal Ulang Hatimu,

Sahabatku, jika hatimu saat ini terasa pedih atas sesuatu yang tidak dimengerti.

Jangan diam, segera bangkit dan ambil tindakan karena kamu adalah Muslim. Segera Restart System Operasi Hatimu. Jika kamu sudah merestartnya beberapa kali dan tetap begitu. Maka, Izinkanlah saya. Izinkanlah diksi analogi yang saya pilihkan menembus dan Hatimu gelisahmu dan merekontruksi pola fikirmu.

Tentu saja Hal ini harus disertai Kehati-hatian dan Ilmu.

Sebelum melakukan Instal Ulang, ada 2 hal yang perlu diperhatikan.

Back-up Masalalumu, dan Simpanlah.

Dalam partisi partisi jiwamu yang membingungkan itu, ada banyak data dan prosa prosa. Itu adalah kenangan masalalumu yang sangat berharga, awas hati hati, jangan di format semua. Simpan semua files backup-nya di folder masalalumu.

Maafkan, Relakan dan Ikhlaskan Masalalu Itu.

Ini mutlak harus dilakukan, dan kamu harus siap. Karena setelah Instal Ulang Nanti, kamu akan terlahir dengan Hari yang baru. Dan kamu harus siap. Maka siapkan hatimu; Maafkan, Relakan dan Ikhlaskan semua sumbat sumbat emosi yang masih melekat.

Sahabatku yang cerdas.

Instal Ulang Hati, bukan berarti memasang dan mengganti Hati dengan "Operasi Liver", karena secara Biologis, hatimu sehat tapi secara Psikologis hatimu Sedang Sakit.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda seperti yang diriwayatkan Nu'man Ibnu Basyir, Bersabda;

"...Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ada segumpal daging, jika ia baik seluruh tubuh akan baik jika ia rusak seluruh tubuh akan rusak. Ketahuilah dialah hati." (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Hadits ini adalah nasihat Rasulullah saw yang abadi,

Sering kita dengar dan kemudian kita lupakan lagi. Jika kita menyadari sepenuhnya, bahwasannya hati ini adalah pangkal dari kebaikan dan keburukan aktifitas tubuh, maka kita akan sangat paham, bahwa PRIORITAS pengobatan hati ini harus lebih di prioritaskan dari yang lainnya.

Segumpal darah itu adalah milikmu yang paling berharga, jika dia sakit seluruh tubuhmu akan sakit, kita adalah orang pertama yang harus menjaga hati kita. Orang lain tidak akan banyak tahu tentangnya.

Hatimu adalah tahta kebahagiaanmu.

Jika hatimu tersenyum, wajahmu akan tersenyum. Jika hatimu menangis, air mata akan mengikutinya dan itu telah menjadi fitrah. Jika hatimu lemah, semua tubuhmu akan lemah dan Inilah saatnya dirimu untuk segera sadar dan melakukan Upgrade untuk meningkatkan kinerja hidupmu dalam persiapannya menuju akhirat yang abadi.

INSTAL ULANG HATI

Instal Ulang Hati ini mudah dan sederhana, semua dari kita bisa melakukannya.

Kita hanya butuh modal sebuah kesiapan. Kesiapan diri untuk Kembali kejalan yang lurus dan menekadkan hati untuk tidak kembali terjerumus di kesalahan yang sama.

Setelah file kehidupan masalalumu di back-up.

Simpan file backup itu sebagai buku digital berharga untuk pelajaran bagimu.

Mulailah Instal Ulang

Instal Ulang Hati dan Jiwamu...dimalam yang sunyi saat Manusia terlelap, bangunlah, perhatikan naungan fajar-Nya yang indah.

Hentikan sejenak dari seluruh Aktifitas kehidupan yang menyudutkanmu, simpan idealismemu dan mulai bertafakur atas semua langkah langkah dan persimpangan yang telah engkau lewati.

Bertafakurlah diantara fajar.

Mendekatlah kepada Rabbmu yang selalu tersenyum dengan Rahmat Nya yang memenuhi Alam semesta.

Dan Shalatlah..

Basuh wajahmu dengan wudhu

Benamkan dalam sujudmu, dan basahi wajahmu dengan Airmata taubatannasuhaa....

Dan tidurlah..

Lepaskanlah semua sumbat sumbat emosi difikiranmu.

Jika pagi Nanti Allah membangunkanmu, maka berbahagialah..

Dan lihatlah pagi yang tersenyum kepadamu.

Dan tersenyumlah..

Itulah harimu yang baru..

Pagi itu kamu dibangunkan atas kekuasaan Allah ta'ala sebagai salah satu tanda kekuasaan Nya, sebagai sebuah kepercayaan untukmu.

Jangan sia siakan kepercayaan itu.

Dan Hiduplah..

Hidupkan harimu dengan Al Islam..

Karena Islam adalah seni, Jalanan Indah menuju Syurga Nya Allah yang Abadi.

Instalation Completed! Say Alhamdulillah..

Setelah Instalasi Hatimu sukses,

Sekarang saatnya untuk UPGRADE HATI.

Upgrade adalah menambahkan atau memperbaharui System Operasi, menambahkan spesifikasi dan Akselerasi Hardware semisal RAM dan kemudian menambahkan program program baru dan memperkuatnya dengan sebuah Anti Virus.

Dalam diri kita terdapat sebuah Otak,

Dalam bahasa komputer disebut Hardisk. Dalam Hardisk Komputer ini tersimpan semua Informasi, data data dan berbagai Program. Saya analogikan lagi Program Program tersebut adalah Ilmu dan Pemahaman..

Pemahaman inilah yang harus di rekontruksi Ulang Agar tahan Virus Virus yang mungkin akan menyerang kembali setelah Instal Ulang tadi.

SINERGI "SELF HEALING" DAN RE-INSTAL HATI

Untuk Menata tatanan Hati dan Merekontruksi Diri ini, saya merekomendasikan agar menginstall/memasang juga sebuah "Program" yang saya buat dan Alhamdulilah telah di Uji Coba beberapa kali Atas diri saya Pribadi.

Program itu saya beri nama "Self Healing"

System dalam Aplikasi ini akan berfungsi sebagai ANTI-VIRUS untuk menjaga stabilitas Hati dan menumbuhkan Kesadaran Automatis Untuk Sembuh ketika System Fikiran mulai kacau.

"Self Healing" yang harus kita Install atau harus kita Pasang adalah 10 Pilar Ketahanan Hati yang meliputi ; Konsistensi Iman, Kekokohan Ilmu, Totalitas Kesungguhan dan Keyakinan, Kontrusksi Niat, Antusiasme Hidup, Senyum dan Sabar yang berkualitas, Kekuatan Doa Serta Keikhlasan Untuk menerima Ketetapan Taqdir Allah

>> Tahapan Pertama dalam Instal ulang Hati ini adalah dengan menetapi, mengokohkan dan me-ngobarkan kembali Iman bahwasannya semua Hal yang terjadi tidak ada yang kebetulan; semua details ini adalah Ketetapan Allah dalam Taqdir Nya.

KONSISTENSI IMAN

IMAN, merupakan ruh-nya kehidupan.

Letaknya terjaga didalam jiwa dan bergetar didalam dada, membahana memancarkan cahaya dan gairah hidup di kehidupan ini, memberi ketenangan dan meredam kegelisahan. Memberantas tunas tunas keluhan yang selalu muncul disetiap kegagalan dan kesalahan kesalahan. Keberadaanya adalah sinar illahi yang menciptakan senyuman seyuman di tepian hati, memancarkan gelombang semangat untuk tetap tegar melangkah melewati ujian ujian dan rintangan, bahkan musibah dan kematian..meredam ketakutan, kekhawatiran dan menghilangkan pesimistis dalam setiap langkah yang kita ambil, menuntun dan mengarahkannya kepada keridho'an Nya.

DENGAN MENETAPI segenap Keimanan dihati kita, tidak akan pernah ada lagi penolakan penolakan terhadap ketentuan dan takdir yang telah Allah gariskan dalam setiap jiwa jiwa yang dihidupkan Nya di bumi ini hingga saatnya Iman itu kembali kepada pemiliknya dalam sebuah Akhir yang di ridhoi, Khusnul Khatimah.

DENGAN MENETAPI KEIMANAN, kita akan bisa melepaskan diri kita dari jeratan pemikiran pemikiran negatif atau prasangka buruk terhadap Rabb kita. Disanalah sebuah pribadi akan siap menghadapi hidup dan memulai mempersiapkan Management Hidup dan Management Kematian

MENGOKOHKAN PILAR PILAR ILMU KEHIDUPAN.

Ilmu sangat kita butuhkan untuk memahami dan mengenali gejal gejala yang akan melemahkan hati kita, agar kita bisa menghindari jurang jurang kesalahan dan mengarahkan langkah langkah kehidupan. Dengan Ilmu, kita akan cerdas memilih prioritas yang harus didahulukan, dan mengabaikan hal hal yang tidak berkepentingan dengan kita.

Rasulullah bersabda; "Seorang yang baik keislamannya ialah yang meninggalkan apa-apa yang tidak berkepentingan dengannya". (HR. Tirmidzi)

^_^

Kita tidak akan bahagia ketika kita tidak tahu cara untuk bahagia,

Kita tidak akan bahagia ketika kita tidak tahu cara membahagiakan diri kita dalam kondisi yang tidak membahagiakan.

Dalam Analogi Komputerpun demikian,

Lihat saja komputermu? berapa banyak program didalamnya, apakah semua program itu akan bermanfaat jika kita tidak punya Ilmu untuk memakainya?...

Lalu lihat dirimu...

Betapa sempurnanya Allah menciptakan Lensa mata yang sampai saat Ini belum ada teknologi Kamera Atau Webcame yang seindah Mata Manusia?

Bahkan Allah telah meletakan kedua mata kita didepan; Agar kita melihat kehidupan kedepan, bukan kebelakang.

Lihatlah, kerjasama jari jari kita, tangan kita, dan keseluruhan Indra tubuh dengan system syaraf yang complicated dan disempurnakan dengan memori otak yang mampu menyimpan data masa lalu bahkan rencana masa depan...

Sungguh sempurna teknologi penciptaan sang Maha Pencipta..

>> Tahapan berikutnya adalah menghadirkan Totalitas Kesungguhan, Keyakinan, Kekokohan Niat, menumbuhkan Antusiasme Hidup Dan menjaga Keistiqamahan dalam menetapi Iman dan Mengimplementasikan Ilmu yang telah kita Pahami.

TOTALITAS KESUNGGUHAN DAN KEYAKINAN

Kita harus cerdas mengkondisikan Hati dalam sebuah totalitas dengan penuh Keyakinan dalam setiap langkah yang diambil dengan penuh Kesungguhan untuk mendapat Hasil yang Optimal.

Bersungguh sungguh untuk bangkit dan segera meninggalkan hal hal yang membuat hati dan jiwa kita menderita, dan kemudian membuka pemikiran untuk menyambut hari yang baru.

REKONTRUKSI NIAT

Meluruskan, menetapi dan me-rekontruksi serta mengarahkan Niat Kepada tahapan "Lillahi Ta'ala" atau untuk mencapai Ridho Allah semata.

Setelah kita memahami teoritas Ilmu dan menggenggamnya, hal yang kemudian harus kita perhatikan adalah merekontruksi kembali Niat Kita

KOKOHKAN dan Arahkan kembali niat dalam Hati kita agar siap berlari mengejar dan mewujudkan harapan harapan. Murnikan, luruskan dan bangun kembali, karena semua amal yg kita lakukan tidak akan ada artinya jika niat kita tidak benar.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda; "Barangsiapa memberi karena Allah, menolak karena Allah, mencintai karena Allah, membenci karena Allah, dan menikah karena Allah, maka sempurnalah imannya". (HR Abu Daud)

Jika kita telah berhasil mengokohkan niat, bahwasannya segala sesuatu yang kita niatkan karena Allah, disana kita tidak akan menemui kekecewaan.

TUMBUHKAN ANTUSHIASME HIDUP

Bubuhkan Anthusiasme atau Semangat Hidup Agar hidup kita benar benar hidup, dan tetap Penuh Optimisme dan Berantusiasme Tinggi untuk menghadapi segala Ujian dan mematahkan segala Rintangan yang menghadang.

Hidup itu pilihan pilihan, mati itu kepastian dan akhirat adalah keadilan.

Jika hidup terasa mulai tidak adil dan merasa tak ada yg peduli dengan dirimu, ingatkah Allah sangat peduli denganmu. dan nantikanlah peradilan Nya di akhirat,.

Dunia ini hanya persinggahan..

Hari Ini adalah kesempatan, dan hari kemarin adalah masa lalu. Kita memang terlahir dari masa lalu, tapi hidup di hari ini dan kegagalan masa lalu adalah cerminan agar kita tidak terjerembab kedalam jurang yang sama.

Hidupkan kembali Antusiasme Hidup dengan senantiasa Mengingat kematian yang akan mendorong kita untuk Bangkit dan kediaman kita

ISTIQAMAH

Hati kita mudah berubah, Iman pun demikian, itu sebagian dari Fitrah Manusia.. Hingga hal tersulit setelah kita memahami semuanya adalah Keistiqamahan didalamnya.

Tumbuhkan keistiqamahan dalam Niat, Totalitas Keyakinan dan tetap mengarahkan arah langkah langkah kita menuju Ridha Allah semata.

Dari Abu Amr, Sufyan bin Abdillah Ats-Tsaqafi ra berkata, “Wahai Rasulullah, Katakanlah kepadaku suatu perkataan tentang Islam, yang tidak mungkin aku tanyakan kepada siapa pun selain kepadamu.” Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, ” Katakanlah: “Aku beriman kepada Alloh, lalu istiqomahlah.” (HR Muslim - Arbain Annawawi #21)

>> Hal berikutnya adalah menjaga stabilitas Hati.

Bubuhkan Senyum yang berkualitasm taburi dengan sabar yang berkuialitas, kuatkan dengan Do'a serta bangun Keikhlasan dalam menerima Ketetapan dan ketentuan Allah dalam segala hal dan semua Kondisi.

INSHA ALLAH, KEBAHAGIAAN BERKUALITASA DISANA TERLAHIR

SENYUM YG BERKUALITAS,

Senyum yang bisa membahagiakan saudara kita adalah senyum yang di nilai Ibadah, yaitu Senyum yang Berkualitas. Tingkatkan Kualitas senyum anda, sehingga dari wajah itu akan terpancar kebahagiaan yang akan membahagiakan orang disekitarmu. Mari kita pahami, bahwa membahagiakan orang lain adalah Kebahagiaan bagi Hati Kita.

Ketika wajah kita tersenyum, itu mencerminkan senyuman dihati Kita.

Mungkin ketika kita tersenyum, secara tidak langsung itu adalah sebuah signal yang menginformasikan kepada hati kita bahwa kita dalam keadaan "Baik baik saja" sehingga Insha Allah seluruh tubuh kita akan benar benar "baik baik saja".

Katanya, senyum yang kita pancarkan dipagi hari akan membuat orang yang berjumpa denganmu tersenyum. Lalu orang itu akan tersenyum kepada orang lain yang dijumpainya, orang yang dijumpainya juga akan tersenyum kepada orang lain lagi. Hingga bukan tidak mungkin, disore hari kita akan menerima laporan bahwa se-indonesi telah tersenyum gara gara senyummu tadi pagi...

Tersenyumlah, meski itu palsu. Dan alangkah baiknya jika tidak membohongi hatimu dengan memalsukan senyum?Tingkatkan kualitas senyummu, karena seyum yang Ikhlas dengan harapan membahagiakan saudaramu adalah sebuah Ibadah.

SABAR YG BERKUALITAS

TABURI setiap jalanan yang kita lalui dengan sabar, kesabaran yang berkualitas untuk meraih titik kebahagiaan.

Kebanyakan kita akan pasrah dan bersabar ketika tidak ada pilihan, dan sabar yang kualitas, sabar yang bernilai adalah sabar saat tepat terjadinya musibah itu.

"Sabar yang sebenarnya ialah sabar pada saat bermula (pertama kali) tertimpa musibah".(HR. Bukhari)

Kesabaran itu sendiri tidaklah mudah, tapi kita bisa mencoba dan terus mencoba melatihnya, Ketika kita sudah bisa membiasakan diri dengan sabar, dalam segala Kondisi dan Situasi insha Allah disana akan tercipta sebuah kebiasaan yang akan melahirkan sebuah pribadi.

Pribadi Sabar.

Sabar bukan berarti tidak pernah kecewa, tapi bisa mengendalikan emosi dan meredamnya, hingga terhindar dari hal hal fatal yang efectnya akan mengurangi kebahagiaan.

Jika kita berhasil menaklukan gelora nafsu di dada kita dengan sabar, disanalah rizky Allah yang maha luas akan turun sebagai balasan bagi Orang Orang yang bersabar.

"Tidak ada suatu rezeki yang Allah berikan kepada seorang hamba yang lebih luas baginya daripada sabar".(HR. Al Hakim)

KUATKAN DENGAN DOA

Do'a laksana senjata yang terlupa, senjata terampuh milik umat islam yang telah diwariskan secara turun temurun, telah teruji dan legalitasnya diakui pencipta alam semesta. tapi sayang banyak dari kita yang meragukannya bahkan melupakannya.

Do'a yang saya maksudkan dalam Rekontruksi Hati ini adalah agar kita tidak lupa untuk meminta pertolongan Allah, karena Dialah Allah yang membolak balikan hati kita dan menjaga Keindahannya.

IKHLAS

Ikhlas adalah Buah dari Iman. Keberadaannya akan sulit dimunculkan, karena Ikhlas adalah sebuah rahasia hati yang harus dilatih dalam setiap Hal.

Pohon Iman dihati kita tidak akan pernah berbuah jika kita tidak menyiraminya setiap hari dengan dzikrullah. .

Jika Pohon Iman dihati kita kita sirami, dia akan tumbuh dan menumbuhkan tunas tunas kebahagiaan, menebarkan bunga keindahan dan menghasilkan Buah yang disebut Ikhlas..

>> Jika kita cerdas dan memahami 10 Pilar tersebut,

Insha Allah, itu akan menjadi sebuah Anti Virus dalam System Operasimu yang baru.

Antivirus itu akan bekerja Automatis Menahan semua Virus dan Varian Varian-nya dalam Dunia Fatamorgana Ini. Disana ketajaman mata hati kita akan terlatih dan bekerja automatis menyuruh kita untuk segera Instal Ulang atau me-restore backup yang masih bagus dalam Memori Otak Kita.

Segera Refresh Pemahamanmu, Re-Instal Hatimu dan Re-Start Hidupmu..

Dan Miliki Hari Bahagiamu.

Ingat.. !

Jika terjadi Error Error kecil dikemudian hari, Restartlah dengan Shalat.

Karena Shalat Adalah Pesan Terakhir Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, Ingatlah selalu pesan Itu.

Segera Arahkan fikiranmu kepada Rabb Mu, berdzikirlah dengan bahasa yang kamu bisa.

Pesan terakhirku;

Ingatlah bahwa saat Ini, sebuah Peluru Kematian telah dilepas dari Takdir Allah dan sedang menujumu. Peluru kematian itu akan tiba tepat pada waktunya yang tepat dan tidak akan pernah meleset. Bangkitlah, tidak ada waktu untuk menyesal. Segera gunakan waktu sebaik baiknya, dan cari kebahagian didalam Islam-mu yang Indah Ini.

Alhamdulillahirabbil Alammin

Segala Puji Hanya bagi Allah, semoga Shalawat dan Salam selalu tercurah kepada Baginda Rasulullah Shallahu' Alaihi wassalam.

Salam bahagia.

Nuruddin Al-Indunissy
Riyadh 2011


~::Semoga bermanfaat dan dapat di ambil Hikmah-Nya::~

Anda menyukai artikel ini?

Bantu kami mengembangkan PingooMoslem,

By donating you will help supporting the server and help keeping the project alive

ATTENTION PLEASE!

Image

Demi memperbaiki dan mengembangkan blog ini agar menjadi lebih baik, Apabila Anda menemukan link yang mati/sudah tidak berfungsi atau gambar yang sudah tidak muncul/expire, silahkan hubungi kami disini. Laporan Anda sangat berguna pada perkembangan blog ini. Terima kasih atas perhatiannyathanks


Berlangganan Gratis via Email

Dapatkan artikel dan info di blog ini langsung dari email Anda.
Isikan alamat email Anda di bawah ini :


▂ ▃ ▅ ▆ █ Artikel Yang Terkait █ ▆ ▅ ▃ ▂

1 comments :

brainstorm said...

Mohon izin share....^_^

Terima Kasih Telah Berkomentar Di → Install Ulang Hatimu ^_^ Restart dengan Shalat!

PingooMoslem Center

Merupakan suatu kehormatan bagi kami jika Anda menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.
Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel ini.

Terima kasih, komentar Anda sangat berarti bagi kami PingooMoslem

♥ Expresikan Komentar Anda Dengan Emoticon Ini ♥

Ex:=> Ketik :9

:1 :2 :3 :4 :5 :6 :7 :8 :9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :e9 :a8 :c8 :b1 :b2 :b3 :d4 :b5 :b6
(+) Lebih Banyak Emoticon...

Post a Comment


PingooMoslem™

CopyRight© Rezky, All Rights Reserved.

x
x
x
x
01-Aug-2016
About Us
Online