Welcome to PingooMoslem™ Blogsite | Post | Comment | Best View On Mozilla Firefox v12.0 or Above with minimum 1024 x 768 Pixel Resolution | Available at 7dotkom.blogspot.co.id | والقلم وما يسطرون | ♥ PINGOOMOSLEM GIVING, SHARING, INVITATION TO THE TRUTH ♥ |

Now Loading...

^_^

Design By :
PingooMoslem™
(Help)(Close)
Clock update...
WARNA DAN UKURAN HURUF

Merawat Handphone

Bagikan artikel ini :
Print
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh


Beberapa waktu yang lalu, dibahas beberapa cara merawat HP agar berlangsung lama (awet). Kalau melihat dari postingan-postingan di forum (baik dalam maupun luar negeri), tips tersebut cukup berpengaruh bagi sebagian besar jenis ponsel. Bukan berarti sebagian kecil tidak langsung berpengaruh, tapi pengaruhnya kecil sekali. Tips merawat baterai hp sangat penting karena bagaimanapun canggihnya hp Anda, dan secanggih apapun sofware HP Anda, kalau baterainya drop akan susah juga, bahkan bisnis bisa melayang, gebetan bisa pindah ke lain hati, dan konflik bisa terjadi karena masalah sepele saat telepon, baterainya habis padahal baru di cas. Di sini kami berikan dua versi pembahasan yang mana dari keduanya mirip terserah Anda milih yang manakah yang cocok untuk Anda gunakan sebagai pedoman.

Versi Pertama tips dalam merawat HandPhone Anda :


1. Cas Hape Anda sampai benar benar penuh, dan isi ulang baterai bila memang sudah habis, walaupun jenis baterai yang baru seperi Lithium Polymer dapat di isi kapan saja tetapi secara umum, jika melakukan pengisian yang terlalu sering akan memperpendek usia baterai.
2. Aktifkan kode akses Ponsel, baik pada ponselnya maupun pada simCardnya. Hal ini akan mencegah pemakaian oleh orang orang yang mungkin tidak berhak. Bila mungkin install aplikasi pengaman seperti Wavesecure untuk mengantisipasi kehilangan dan ulah tangan tangan jahil.
3. Aktifkan pula keypad lock ( pengunci keypad) hal ini akan mencegah pemakaian yang tidak disengaja, seperti misalnya secara tidak sadar beberapa tombol tertekan sehingga melakukan dial kenomor tertentu tanpa anda sadari. Hal ini selain mengurangi pulsa anda atau membengkakan tagihan pasca bayar juga akan mengganggu kenyamanan orang yang menerima panggilan tidak disengaja tersebut.
4. Catat nomor IMEI, pin dari security code dan PIN Code anda dan simpan ditempat yang aman sebagai cadangan bila anda lupa. IMEI bisa digunakan untuk mengautentikasi apabila hape anda hilang atau untuk mencari security code ( denngan bantuan software seperti m code) seandainya anda lupa. Catatan juga akan membantu apabila anda lupa dengan PIN code ( simcard code) sehingga tidak kejadian SIM CARD anda di blokir permanen gara gara salam memasukan PIN code dan P U K.
5. Bersihkan Handphone Anda dengan lap dan jangan sekali kali menggunakan cairan kimia untuk membersihkanya walaupun ada cairan seperti contact cleaner yang mampu membersihkan komponen kompenen dalam ponsel dengan baik karena pemakaian oeh yang kurang ahli malah bisa menyebabkan kerusakan.
6. Gunakan pengaman seperti sarung ponsel/tas ponsel.Selain mencegah resiko jatuh, dengan sarug ponsel mungkin akan menahan air dan debu untuk masuk ke ponsel dengan cepat.
7. Letakan ponsel ti tempat yang tidak berair dan berdebu. Juga hindarkan menaruh ponsel ditempat dengan radiasi dan medan magnet yang tinggi. Meletakan ponsel di tempat dengan medan magnet tinggi akan memaksa ponsel untuk mengeluarkan daya maksimalnya untuk mendapatkan signl terbaik. Biasanya ponsel menjadi panas dan baterai cepat terkuras.
8. Hindari menaruh ponsel di tempat yang panas melebihi suhu kamar dan tempat dengan kondensasi tinggi.
9. Matikan ponsel. Sebaiknya matikan ponsel jika Anda berada di sebuah tempat yang kemungkinan untuk mendapatkan sinyalnya sulit. Kalau ponsel terus diaktifkan, sementara ponsel terus menerus mencari sinyal, hal ini akan membuat energi baterai Anda terkuras.
10. Pakai repeater. Saat berada di tempat yang sangat terpencil, gunakan repeater ponsel untuk memperkuat penangkapan sinyal.
11. Matikan fitur suara yang tidak penting, jangan biarkan aktif sepanjang hari.
12. Jangan aktifkan ringtone dan fitur getar sekaligus karena cukup menguras energi baterai, aktifkan salah satunya saja. Saat berada di bioskop ada baiknya aktifkan fitur getarnya saja, namun saat berada di tempat publik seperti mall, stasiun dan bandara, mengaktifkan ringtone bisa menjadi pilihan yang lebih baik.
13. Kurangi brightness layar ponsel Anda hingga 50 persen agar energi baterai yang terpakai lebih hemat.
14. Matikan Bluetooth jika tak digunakan. Untuk diketahui saja, Bluetooth yang aktif akan menguras energi baterai ponsel lebih cepat.
15. Sama halnya seperti Bluetooth, matikan juga fitur infrared jika tak digunakan.
16. Matikan aplikasi-aplikasi lain yang tidak digunakan.
17. Letakkan ponsel di tempat yang temperaturnya normal sehingga tidak terjadi kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi atau rendah. Misalnya, jangan letakkan ponsel di dalam mobil yang terjemur matahari, di atas laptop atau konsol game yang suhunya panas.
18. Segera cabut charger dari ponsel jika baterai ponsel sudah penuh.
19. Kalau ingin baterai tahan lama, jangan sering-sering bermain game lewat ponsel, mendengarkan mp3, melakukan panggilan video (video call), mengedit foto ataupun browsing. Semua aktivitas tersebut hanya akan mempercepat baterai Anda habis.
20. Atur settingan backlight, jangan biarkan durasi nyalanya terlalu lama, cukup 5 sampai 15 detik saja.

Versi Kedua Tips Cara Merawat Baterai Handphone (HP) :

* Jika anda sedang mengecas baterei, sebaiknya ponsel dlm keadaan mati. Jika ponsel menyala akan terjadi arus keluar masuk secara bergantian yang akibatnya akan merusak molekul dalam baterai. Ini juga akan mengakibatkan terjadinya memori effect pada baterai. Apalagi saat kita mencharge, lantas ponsel digunakan untuk koneksi, itu akan menambah beban pada proses kimia dalam baterai.
* Kurangi menerima atau menelfon di dalam mobil. Karena pada saat itu dia berusaha keras mencari sinyal dari BTS terdekat. Ketika kita bergerak menjauh dari BTS maka pada saat itu dia berusaha mencari sinyal pada BTS yang lebih dekat. Aktivitas seperti itulah yang memakan energi baterai lumayan besar. Apalagi kita melakukan koneksi internet dalam kondisi bergerak dengan kecepatan tinggi.
* Saat akan mencharge baterai ponsel, sebaiknya ponsel di keluarkan dari leather case / sarung / kondom handphone karena pengecasan baterai dapat menimbulkan panas yang bisa saja dapat menyebabkan umur ponsel dan baterai anda menurun.
* Jangan sering-sering chargering di mobil. Saat mengisi baterai dalam kendaraan, kita menggunakan pemantik api sebagai sambungan. Voltase pada kendaraan sering tidak stabil, sehingga dapat mengakibatkan tidak stabilnya arus masuk ke dalam baterai.( kalo mobil Ferari gimana ya belum pernah nyobak sih he..he)
* Jika umur baterai telah lebih dari enam bulan, sering-sering lah membersihkan pin dan Connector baterai dengan cotton bud atau tissue.
* Matikan fungsi-fungsi yang tidak penting dan tidak perlu untuk di gunakan. Misalnya Bluetooth, kamera aktif, vibrate, GPRS, sering menyalakan led badan ponsel, screensaver yang cepat, mengaktifkan backlight siang hari, sering buka tutup sliding, dan multitasking.
* Berhematlah saat anda mengaktifkan MP3, radio, Bluetooth dan bermain games.
* Jangan biasakan maen hape di dalam kamar mandi tanya kenapa? soalnya bisa jatuh dan rawan kena air , hehehehe
* Jangan biasakan meletakkan hanphone di saku baju depan tanpa tali hp, bisa jatuh kalo lagi membungkuk. Juga jangan di saku celana depan, karena kata pakar sih, dalam jangka lama, bisa menyebabkan kemandulan hih serem..terus di letakkan di mana?
* Jangan terlalu banyak di masuki video 3gp porno, soalnya bikin ketagihan dan konsumsi batari cepat habis dan akhirnya harus di cas ulang, padahal tiap handpone kebanyakan memiliki umur tertentu.
* Mohon dijaga dari jangkauan anak kecil, soalnya bisa di banting itu hape , hehehehe....

Jenis baterai hp memang ada beberapa macam :), diantaranya (baterai) yang kami akan sedikit sharing adalah jenis baterai handphone dan bagaimana cara merawat baterai ponsel tersebut :

Baterai Hp Jenis NICD :


Baterai jenis ini merupakan generasi pertama. Berkapasitas besar, baterai ini cocok untuk ponsel lama yang bertenaga besar. Sesuai dengan ukuran dan kapasitasnya, proses pengisian ulangnya pun cukup merepotkan. Misalnya, pengisian ulang harus dilakukan pada saat dayanya benar – benar habis. Karena baterai NiCD memiliki memory effect, semangkin lama kapasitasnya akan menurun jika pengisian belum kosong benar.
NiMH ( Nickel Metal Hydride) :


Generasi selanjutnya adalah NiMH. Baterai isi ulang ini masih memiliki memory effect namun hanya bersifat sementara. Jadi lebih fleksibel ketimbang jenis NiCD. Untuk pengisian ulang tak perlu menunggu benar – benar habis, namun dengan konsekuensi akan terasa cepat abis. Namun hal ini akan berlangsung sementara, saat habis isi kembali dan kemampuanya akan normal lagi.
Li-lon (Lithium lon) :


Ketimbang kedua generasi sebelumnya, tipe ini tak lagi memiliki memory effect. Jadi anda bisa mengisi ulangnya tanpa menunggu baterai abis. Baterai li-lon memiliki “life cycle”( siklus hidup ) yang lebih pendek. Bahkan apabila di-charge berlebihan baterai lithium ion akan menurunkan kemampuanya, ketimbang NiCD atau NiMH.
Li-po( Lithium Polymer) :


Ini generasi paling baru baterai isi ulang. Selain ramah lingkungan , keunggulanya di atas baterai Li-lon. Untuk perawatan baterai Lithium Polymer, tak jauh beda dengan lithium lon. Namun penangananya harus ekstra hati-hati. Mengingat sifatnya yang “liquit” dengan tekanan yang cukup keras bisa menyebabkan bentuk baterai berubah. Kelemahan Li-po justru mengharuskan kita mengisi ulang baterai jangan sampai menunggu ponsel mati dengan sendirinya. Atau sebisa mungkin ketika ponsel memberikan peringatan baterai lemah. Jika tidak, ponsel akan susah untuk diaktifkan karena baterai belum pulih sepenuhnya.

-----------------------------------------------------------------------------------
BERITA MENGEJUTKAN DARI MOJOKERTO BATERAI HP MELEDAK KOK BISA YACH??

Baterai HP Meledak, Mata Arif Terancam Buta
Minggu, 19 Juli 2009 – 20:13 wib


Arif Bagus tergolek di rumah sakit (Foto: Tritus Julan)
MOJOKERTO – Peringatan bagi mereka yang memiliki ponsel agar tak ceroboh memilih baterai, seperti yang dialami Arif Bagus Prasetyo. Pemuda ini nyaris mengalami kebutaan lantaran baterai handphone yang meledak.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, petaka yang dialami warga Dusun Dempul, Desa Mojogebang, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, itu terjadi sekira pukul 10.00, Minggu (19/7/2009).

Saat itu, dia hendak mengambil baterai handphone yang diisi ulang (charge). Namun saat dia mencopot baterai yang dia charge menggunakan desktop charger itu, tiba-tiba baterai tersebut meledak. “Saya mendengar bunyi ledakan dari dari ruang tamu. Tak tahunya, baterai handphone Arif meledak,” tutur Karsih, ibu kandung Arif saat ditemui di RSI Sakinah.

Akibat ledakan itu, Arif seketika berteriak minta tolong. Apalagi kedua matanya mulai tak bisa melihat akibat serpihan ledakan yang mengenai kedua matanya. Saat itu juga, Karsih membawa Arif ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. “Ini sudah diperiksa. Tapi kata dokter, anak saya harus dioperasi,” katanya.

Karsih sendiri tak mengetahui apa penyebab meledaknya baterai handphone anaknya itu. Setiap hari, anaknya yang bekerja sebagai kuli bangunan itu juga menggunakan charge yang dipakai saat meledak. Sejauh itu pula, Arif tak pernah mengalami kejadian seperti ini. “Sebelumnya tidak apa-apa. Saya sendiri tak tahu kenapa bisa meledak. Kami juga takut,” kata ibu yang berobat menggunakan asuransi kesehatan masyarakat miskin (Askeskin) ini.

Feri, adik korban menduga, meledaknya baterai itu lantaran kualitas baterai yang buruk. Menurutnya, baterai yang dipasang di handphone kakaknya itu bukan baterai orisinil. Karena itu, dia menduga jika kualitas baterai yang buruklah yang menyebabkan munculnya ledakan. “Bukan baterai asli saat membeli handpone dulu. Mungkin saking panasnya,” terang Feri.

Dari keterangan salah satu petugas medis di RSI Sakinah, di kedua mata Arif masih tertancap beberapa material yang diduga merupakan serpihan baterai akibat ledakan. Saat tiba di ruang UGD, kedua mata Arif sempat dicuci. “Tapi setelah dicuci, serpihan itu masih banyak yang menempel. Sehingga kemungkinan besar akan menjalani operasi,” terang salah satu paramedis.

Arif sendiri sepertinya tak tahan dengan rasa sakit di kedua matanya. Berkali-kali pemuda berumur 18 tahun itu merintih kesakitan. Dia juga enggan menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan keluarga da wartawan.

Source : Berbagai Sumber

Anda menyukai artikel ini?

Bantu kami mengembangkan PingooMoslem,

By donating you will help supporting the server and help keeping the project alive

ATTENTION PLEASE!

Image

Demi memperbaiki dan mengembangkan blog ini agar menjadi lebih baik, Apabila Anda menemukan link yang mati/sudah tidak berfungsi atau gambar yang sudah tidak muncul/expire, silahkan hubungi kami disini. Laporan Anda sangat berguna pada perkembangan blog ini. Terima kasih atas perhatiannyathanks


Berlangganan Gratis via Email

Dapatkan artikel dan info di blog ini langsung dari email Anda.
Isikan alamat email Anda di bawah ini :


▂ ▃ ▅ ▆ █ Artikel Yang Terkait █ ▆ ▅ ▃ ▂

1 comments :

herm4n said...

mksh tipsny sngat bermanfaat :-)
ngeriiii jg......
kok bsa y baterai'a meledak??? :?

Terima Kasih Telah Berkomentar Di → Merawat Handphone

PingooMoslem Center

Merupakan suatu kehormatan bagi kami jika Anda menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.
Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel ini.

Terima kasih, komentar Anda sangat berarti bagi kami PingooMoslem

♥ Expresikan Komentar Anda Dengan Emoticon Ini ♥

Ex:=> Ketik :9

:1 :2 :3 :4 :5 :6 :7 :8 :9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :e9 :a8 :c8 :b1 :b2 :b3 :d4 :b5 :b6
(+) Lebih Banyak Emoticon...

Post a Comment


PingooMoslem™

CopyRight© Rezky, All Rights Reserved.

x
x
x
x
01-Aug-2016
About Us
Online