Welcome to PingooMoslem™ Blogsite | Post | Comment | Best View On Mozilla Firefox v12.0 or Above with minimum 1024 x 768 Pixel Resolution | Available at 7dotkom.blogspot.co.id | والقلم وما يسطرون | ♥ PINGOOMOSLEM GIVING, SHARING, INVITATION TO THE TRUTH ♥ |

Now Loading...

^_^

Design By :
PingooMoslem™
(Help)(Close)
Clock update...
WARNA DAN UKURAN HURUF

Windows Media Player 12 Plus

Bagikan artikel ini :
Print
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh


Walaupun banyak aplikasi buatan Microsoft yang sebelumnya dibundel ke dalam sistem operasi Windows akan didistribusikan secara terpisah, ternyata Windows Media Player menjadi salah satu aplikasi yang tetap dibawa bersama Windows versi selanjutnya. WMP versi 12 akan dibundel ke dalam Windows 7 dengan fitur-fitur baru dan peningkatan kualitas yang signifikan, sehingga WMP tetap menjadi pilihan utama para pengguna Windows.

Tampilan

Tampilan antar muka WMP12 lebih cerah dan minimalis dibandingkan WMP11. Beberapa tombol dan ikon di toolbar telah dihilangkan beberapa, tetapi pengalaman pemakaian tidak akan jauh berbeda dengan versi 11. Perubahan besar yang terjadi adalah dihilangkannya tombol Now Playing yang jika diklik akan menampilkan daftar playlist yang sedang dimainkan.

WMP12 memisahkan manajemen library dengan file yang sedang diputar dengan membuat dua jendela terpisah: jendela Now Playing dan jendela Library. Jendela Library berisikan semua fitur-fitur untuk mengelola file-file multimedia yang ada di komputer, sama seperti WMP11 sedangkan jendela Now Playing memuat daftar playlist audio, visualisasi dan video yang sedang diputar.

Di WMP 12 terdapat pula taskbar mini viewer baru yang khusus berjalan pada taskbar baru di Windows 7 dan dukungan untuk Jump Lists yang dapat menampilkan fungsi-fungsi spesifik dari ikon taskbar WMP 12.

Terlepas dari pemisahan jendela Library dan Now Playing, WMP12 tetap memiliki sistem pengoperasian dasar yang sama seperti di versi 11. Terdapat sebagian kecil penambahan, seperti automatic previewing (saat kursor berada di salah satu daftar lagu secara otomatis 15 detik awal dari lagu tersebut akan dijalankan) dan Library view sekarang bisa menampilkan semua tipe file media secara serempak, di mana WMP11 hanya dapat menampilkan audio atau video atau TV atau gambar secara terpisah.

Dukungan Codec

Hal yang menyebalkan pada sebagian besar aplikasi media player adalah ketersediaan codec yang terbatas, dan WMP termasuk salah satu di antaranya. Sering kali saat kita ingin memutar suatu file multimedia dengan WMP yang tidak memiliki codec yang cocok, WMP akan mencoba untuk mendeteksi codec yang dibutuhkan dan secara otomatis memberikan lokasi untuk mengunduhnya, tetapi seringkali fitur ini gagal mendeteksi codec dengan benar atau gagal menemukan lokasi untuk mengunduh codec tersebut. Tentu saja hal ini akan menyulitkan dan memakan waktu Anda yang hanya ingin memutar file media dengan segera.

Di Windows 7 Developer Guide disampaikan informasi tentang dukungan codec WMP12. Format yang didukung di WMP12 termasuk codec untuk H.264 video, AAC audio, MJPEG, MP4, 3GP, AVI, Xvid dan DivX video berikut semua format yang sebelumya sudah didukung WMP11 di Vista (MPEG2, WMV, WMA, MP3, dan lain-lain). Dan sebagai tambahan paket sumber DirectShow terbaru yang menjembatani antara DirectShow dengan Media Foundation (Microsoft). Jadi, WMP12 dapat menjalankan format media yang sudah usang yang sudah tidak didukung lagi oleh Media Foundation. Dengan semua codec tersebut, Microsoft ingin agar WMP dapat mendukung sebagian besar format file multimedia yang dapat ditemui di internet.

Streaming Melalui Jaringan

Bagian dari WMP12 yang paling banyak ditingkatkan adalah tentang bagaimana aplikasi ini dapat menggunakan sumber daya jaringan. WMP11 telah memiliki kemampuan untuk mengakses daftar file multimedia dari PC pengguna lain di jaringan lokal, selama mereka mengunakan WMP juga. Di WMP12 kemampuan tersebut diperluas lagi jadi tidak hanya dapat mengakses playlist WMP, tetapi juga iTunes. Dengan dukungan format yang sudah disebutkan di atas (H.264 dan AAC), WMP12 dapat memutar sebagian besar file media di iTunes. Dikatakan sebagian besar karena pihak Apple tidak memberikan lisensi FairPlay DRM kepada pihak ketiga, jadi WMP tidak dapat menjalankan file dari toko iTunes yang diproteksi dengan DRM tersebut.

Tidak hanya itu saja, WMP12 juga memungkinkan pengguna untuk memutar file audio dan video di WMP12 dari perangkat lain, sebuah fitur yang dinamakan "Play To." WMP12 dapat mengirimkan multimedia ke komputer lain dalam satu HomeGroup dalam proses streaming, jadi Anda dapat mengakses pustaka di laptop tetapi menjalankannya pada HTPC (Home Theater Personal Computer) yang terhubung dengan perangkat sound system.

Seperti halnya melakukan streaming ke PC melalui jaringan, WMP12 juga dapat mengendalikan perangkat yang termasuk dalam Digital Living Network Alliance v1.5. Ini adalah perangkat jaringan dengan kemampuan untuk menjalankan audio dan/ atau video (misal: musik box dengan kemampuan WiFi), jadi skenarionya sama saja dengan streaming ke HTPC. Nantinya setiap perangkat yang sedang berjalan akan menampilkan playlist dan pengaturan lain melalui layar kecil pada perangkat.

Jika sebuah perangkat tidak dapat mendukung format yang disalurkan (streaming), WMP12 akan mendeteksinya dan secara otomatis melakukan konversi secara langsung ke format yang umum.

WMP12 memang memiliki banyak kemiripan dengan WMP11, tetapi fitur-fiturnya sudah banyak dikembangkan. Daripada terus-terusan menyangkal kesuksesan iTunes dan banyaknya penggunaan format multimedia non-Microsoft, Microsoft akhirnya menyadari realita tersebut dan berusaha membuat WMP agar dapat bekerja sebaik mungkin. Diharapkan dari sikap tersebut akan dihasilkan aplikasi multimedia yang terbaik daripada versi-versi sebelumnya dan bahkan dapat bersaing dengan aplikasi sejenis di pasaran saat ini.


Anda menyukai artikel ini?

Bantu kami mengembangkan PingooMoslem,

By donating you will help supporting the server and help keeping the project alive

ATTENTION PLEASE!

Image

Demi memperbaiki dan mengembangkan blog ini agar menjadi lebih baik, Apabila Anda menemukan link yang mati/sudah tidak berfungsi atau gambar yang sudah tidak muncul/expire, silahkan hubungi kami disini. Laporan Anda sangat berguna pada perkembangan blog ini. Terima kasih atas perhatiannyathanks


Berlangganan Gratis via Email

Dapatkan artikel dan info di blog ini langsung dari email Anda.
Isikan alamat email Anda di bawah ini :


▂ ▃ ▅ ▆ █ Artikel Yang Terkait █ ▆ ▅ ▃ ▂

0 comments:

PingooMoslem Center

Merupakan suatu kehormatan bagi kami jika Anda menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.
Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel ini.

Terima kasih, komentar Anda sangat berarti bagi kami PingooMoslem

♥ Expresikan Komentar Anda Dengan Emoticon Ini ♥

Ex:=> Ketik :9

:1 :2 :3 :4 :5 :6 :7 :8 :9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :e9 :a8 :c8 :b1 :b2 :b3 :d4 :b5 :b6
(+) Lebih Banyak Emoticon...

Post a Comment


PingooMoslem™

CopyRight© Rezky, All Rights Reserved.

x
x
x
x
01-Aug-2016
About Us
Online