Welcome to PingooMoslem™ Blogsite | Post | Comment | Best View On Mozilla Firefox v12.0 or Above with minimum 1024 x 768 Pixel Resolution | Available at 7dotkom.blogspot.co.id | والقلم وما يسطرون | ♥ PINGOOMOSLEM GIVING, SHARING, INVITATION TO THE TRUTH ♥ |

Now Loading...

^_^

Design By :
PingooMoslem™
(Help)(Close)
Clock update...
WARNA DAN UKURAN HURUF

MENGENAL FILE YANG MUDAH TERJANGKIT VIRUS

Bagikan artikel ini :
Print
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh


Mungkin sebagian besar kita hanya tahu virus berupa file exe (application) saja, karena memang sebagian besar virus berupa file exe. Padahal banyak tipe file yang berpotensi terinfeksi virus dan bisa menyebarkannya ketika dijalankan. Sehingga sering kita tidak sadar bahwa file yang dijalankan ternyata bisa mengandung bibit-bibit virus.

Dengan mengetahui beberapa tipe tersebut, semoga kita bisa lebih hati-hati. Berikut ini adalah beberapa tipe file yang sering/bisa terinfeksi virus dan sebagian bisa menyebarkannya kembali ketika file tersebut dijalankan :

Binary Executable File

Binary Executable File (portable Executable / PE) merupakan file yang isinya diterjemahkan sebagai program computer. File ini terdiri dari beberapa tipe di windows : EXE (Executable / Application). Tipe file ini merupakan file yang sering terinfeksi virus dan sebagian besar virus juga berupa exe. Banyak virus yang bisa menempel di file ini dan begitu dijalankan, virus aslinya menyebar dan menginfeksi computer. Oleh karena itu, sebaiknya ketika kita memiliki master program, maka di zip saja atau di rename untuk mengurangi resiko terinfeksi virus. Beberapa virus yang menginfeksi EXE misalnya w32/Virut, Troxa, Sality dan lainnya.

- DLL (Dynamic Link Library) dan OCX yang formatnya sebenarnya sama dengan tipe EXE, hanya saja tidak langsung dijalankan, melainkan digunakan oleh file lain seperti EXE. Sehingga virus juga bisa menginfeksi tipe file ini.
- SCR (Screensaver). File ini juga seperti format exe, hanya saja ber ekstensi scr, yang maksudnya adalah file screensaver. Ketika dijalankan, screensaver akan tampil. Oleh karena itu, virus sering menduplikasi dirinya dengan tipe ini dan menempatkan dirinya sebagai screensaver, sehingga ketika screensaver aktif, sebenarnya virus itu yang aktif.
- COM file (Command File), bisa berupa Text atau Binary file yang dijalankan under DOS / MS-DOS. Generasi awal virus sepertinya berupa file COM ini.
- SYS (Device Driver), merupakan file binary yang digunakan untuk driver

File Dokumen

File Dokumen yang sering terinfeksi virus adalah file Microsoft Office terutama DOC (Word), XLS (Excel) dan MDB (Access Database). Virus biasanya berupa Macro, yang aktif jika dokumen tersebut dijalankan dan bisa menginfeksi template file ( File DOT) sehingga semua file yang dibuka selanjutnya akan terkena virus.

Sekitar tahun 2007, file PDF mulai dimanfaatkan oleh pembuat virus untuk menyertakan kode-kode tertentu dalam dokumen tersebut. Biasanya berupa Trojan. Kelemahan PDF dimanfaatkan untuk menyisipkan kode virus, sehingga ketika PDF dijalankan virus yang berupa Trojan tersebut bisa menginstall dirinya ke computer.

File-File Script

File script merupakan file yang berisi script / kode-kode program dan bisa diterjemahkan oleh computer secara langsung untuk mengontrol software/aplikasi lainnya. Beberapa file ini antara lain :

- BAT (Batch File), merupakan file sript di MS-DOS dan Windows
- VBS (VBScript), script windows dengan bahasa VISUAL BASIC yang terbatas
- JS (Javascript), file ini tidak bisa langsung aktif, tetapi dijalankan oleh web browser, melalui file
HTML

File Lain

Beberapa tipe file lainnya yang juga bisa terinfeksi, menyebarkan, menjalankan atau disusupi kode virus antara lain :

- HTM, HTML, CHM (HTML Help0 file-file ini bisa menyertakan kode program Javascript, sehingga tidak jarang file ini terinfeksi Virus (Trojan)
- INF Merupakan text file (jenis lain) file INI) untuk menginstall Device Driver. Virus sering mengubah/memodifikasi file tipe ini (file Autorun.inf) untuk mengaktifkan virus dan menyebarkannya lewat media seperti Flash Disk.
- Folder.htt File ini merupakan file konfigurasi Folder yang bisa berisi script kode. Terkadang virus memodifikasi isinya untuk menjalankan kode tertentu. Hal ini bisa juga terjadi pada file Dekstop.ini.

Anda menyukai artikel ini?

Bantu kami mengembangkan PingooMoslem,

By donating you will help supporting the server and help keeping the project alive

ATTENTION PLEASE!

Image

Demi memperbaiki dan mengembangkan blog ini agar menjadi lebih baik, Apabila Anda menemukan link yang mati/sudah tidak berfungsi atau gambar yang sudah tidak muncul/expire, silahkan hubungi kami disini. Laporan Anda sangat berguna pada perkembangan blog ini. Terima kasih atas perhatiannyathanks


Berlangganan Gratis via Email

Dapatkan artikel dan info di blog ini langsung dari email Anda.
Isikan alamat email Anda di bawah ini :


▂ ▃ ▅ ▆ █ Artikel Yang Terkait █ ▆ ▅ ▃ ▂

0 comments:

PingooMoslem Center

Merupakan suatu kehormatan bagi kami jika Anda menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.
Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel ini.

Terima kasih, komentar Anda sangat berarti bagi kami PingooMoslem

♥ Expresikan Komentar Anda Dengan Emoticon Ini ♥

Ex:=> Ketik :9

:1 :2 :3 :4 :5 :6 :7 :8 :9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :e9 :a8 :c8 :b1 :b2 :b3 :d4 :b5 :b6
(+) Lebih Banyak Emoticon...

Post a Comment


PingooMoslem™

CopyRight© Rezky, All Rights Reserved.

x
x
x
x
01-Aug-2016
About Us
Online