Welcome to PingooMoslem™ Blogsite | Post | Comment | Best View On Mozilla Firefox v12.0 or Above with minimum 1024 x 768 Pixel Resolution | Available at 7dotkom.blogspot.co.id | والقلم وما يسطرون | ♥ PINGOOMOSLEM GIVING, SHARING, INVITATION TO THE TRUTH ♥ |

Now Loading...

^_^

Design By :
PingooMoslem™
(Help)(Close)
Clock update...
WARNA DAN UKURAN HURUF

Tips Membeli Handphone

Bagikan artikel ini :
Print
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Mungkin tips ini terbilang remeh..tapi pada kenyataanya banyak orang yang kecewa setelah membeli HP karena fitur dan lain-lainnya ternyata tidak sesuai harapan,atau setelah tau teman punya HP merek lain dengan harga setara tapi fitur lebih bagus dan alasanan lainya. Maka Saya ingin berbagi Tips pada Teman-teman.
Tips ini saya dapatkan dari berbagai sumber.

Apa yang harus Temen2 pikirkan sebelum membeli HP agar tidak kecewa?

Berikut ini adalah tips membeli HP:

1.tetapkan anggaran
2.tentukan daftar fitur yang Temen2 inginkan
3.cari informasi harga HP yang sesuai anggaran
4.cari informasi HP yang memiliki fitur sesuai keinginan
5.bandingkan berbagai tipe dan merek yang masuk kategori( baik fitur maupun anggaran)
6.pilih HP yang memiliki fitur plg mendekati keinginan dan sesuai anggarn Temen2.
Bagi anda yang suka gonta-ganti HP tapi tidak dengan yang baru alias beli bekas atau second dan juga yang punya rencana suatu saat mau beli ponsel bekas sebaiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini :
1. Perhatikan Kelengkapannya
Sebisa mungkin usahakan membongkar isi ponsel tersebut. Jangan sampai isi di parts di dalamnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Perhatikan baterai, charger, dan perlengkapan lainnya. Lihat pula enginenya. Jangan sampai mesinnya diganti dengan versi lainnya. Terkadang casing yang masih bagus dapat menipu anda untuk membayar lebih dan tidak membongkar isi ponsel.
2. Tanyakan Kondisi Baterai
Tanya dengan sopan tentang kondisi baterai, apakah masih baik dan normal atau bermasalah alias bocor. Baterai yang bocor biasanya hanya bartahan satu atau dua hari dalam posisi standby dan beberapa jam saat kondisi sering digunakan. Terkadang penjual sengaja diam agar kita tidak menurunkan harga tawar.
3. Tanyakan Garansi
Jangan lupa untuk menanyakan jaminan bahwa ponsel tidak akan rusak dalam waktu singkat. Kadang ponsel second adalah hasil perbaikan dari ponsel yang rusak yang belum tentu stabil dan lengkap fungsinya. Bila tidak ada garansi maka anda dapat menurunkan harga tetapi anda akan menanggung resiko yang besar. Garansi beberapa minggu atau bulan akan lebih baik. Minta pula nomor telepon dan alamat yang dapat dihubungi. Sebelum meupun setelah anda beli sebaiknya anda test dulu semua fungsi dari ponsel atau pda tersebut, apakah berjalan dengan wajar dan normal. Segera hubungi yang menjual ketika anda menemukan kejanggalan.
4. Survey Harga
Sebaiknya anda survey dulu harga ponsel dan pda second yang berlaku saat itu. Pengetahuan anda tentang harga akan menyelamatkan anda dari membayar lebih mahal dan harga pasar. Untuk mengetahui harga anda dapat mengecek di koran atau media yang banyak memuat harga ponsel dan pda second seperti koran harian poskota dan situs http://www.ponseljakarta.com
5. Curiga
Apabila anda menawar kepada orang yang tidak anda kenal di jalan maupun di counter sebaiknya anda selalu menanamkan rasa curiga. Jangan sampai anda membeli barang hasil tidak kejahatan atau semacamnya. Jika ternyata anda membeli barang milik teman anda yang hilang maka urusannya bisa repot. Anda bisa dituduh maling oleh kawan anda sendiri.
Sekian tips ini saya buat, semoga bermanfaat bagi kita semua. Bila ada yang ingin ditambahkan atau diralat bisa kita bicarakan di forum. Thanks

Membeli handphone second adalah gampang-gampang susah. Memang memilih handphone second merupakan suatu pilihan karena murah dan kualitasnya hampir sama dengan yang baru disini saya akan memberikan tips memberi handphone bekas agar anda dapat mendapatkan barang yang tidak mengecewekan. Ada beberapa jenis handphone baik yang ringtonenya monophonic dan layar monochrome(low end) maupun yang polyponic dengan layar berwarna. Tinggal yang mana sesuai dengan kebutuhan dan selera anda.

Berikut tips untuk membeli handphone second nokia:
- untuk merek rata rata konsumen banyak yang memilih merek nokia seri 3310, 2100,8250, 3610, selain bentuknya praktis. Menunya pun mudah dipahami tak heran walau sudah tidak diproduksi lagi dan termasuk handphone lawas konsumen masih banyak yang memakainya. Untuk itu saya akan memberikan tips membeli handpone pada jenis ini yang harus anda perhatikan adalah:
* toko/counter penjual, dari situ anda bisa lihat bagaimana jumlah produk yang di jual perhatikan di situ jika handphone yang di dalam counter jumlahnya banyak tidak tertata rapi bisa jadi toko itu menampung handphone bekas tidak berkualitas yang dimaksud disini adalah toko tersebut menampung hp yang dijual oleh orang dengan hp yang mungkin bekas servis berat, hp curian, maupun titipan dari counter lain. Ada istilah "ngebom" yaitu orang menjual hp yang rusak kemudian diservis sementara agar normal lagi kemudian di jual ke counter karena menjual hp di conter hingga terjadi transaksi hanya berlangsung +20menit. Lalu counter hanya memeriksa sebentar lalu di pajang di boks counter, tentu saja para calon pembeli yang akan dirugikan.

* harga, inilah yang menjadi syarat utama membeli hp bekas untuk harga di setiap toko pasti berbeda-beda untuk patokan harga anda bisa lihat di iklan baris lalu samakan dengan harga di toko jika di toko terlalu mahal di banding harga di iklan baris langsung saja bilang "harga anda di atas pasaran" dari situ anda langsung memberi penawaran dengan harga terendah, untuk yang lain sebelum membeli anda bisa survei dari toko satu ke toko bandingkan perbedaannya sesuai tidak dengan kualitas.

* garansi, ini yang penting apakah itu garansi resmi / garansi toko, cek dulu apakah handphone yang akan anda beli untuk garansi resminya apakah masih berlaku. Garansi toko yang bagus adalah masa garansi 3 bulan.

* batere, ini yang menjadi momok dalam membeli handphone bekas, batere menjadi drop (lowbat). Ada trik untuk mengetahui batere tersebut masih bagus apa tidak pertama perhatikan permukaan batere apakah rata/tidak?. Jika tidak rata (menggelembung) itu berarti batere sudah uzur harus di ganti. Yang kedua adalah memainkan menu suara, ringtone, call, getar, mp3, jika kita memainkan menu itu dalam 2-5 menit jika indikator tanda batere penuh lalu anda memainkan menu dan tiba-tiba ada tulisan batere lemah maka ketahuan batere itu sudah soak.

* LCD, ini juga penting karena bagian ini suku cadangnya lumayan mahal. Walau banyak yang murah tapi kualitasnya jelek. Trik untuk mengetahui qualitas LCD masih bagus /tidak bisa anda cek dengan melihat permukaan LCD dari samping kanan kiri tasa bawah jika warna LCD agak gelap atau permukaan LCD ada bercak hitam tidak merata seperti gosong berarti LCD tersebut qualitasnya jelek dan bekas di servis. Ada cara lain melihat qualitas LCD yaitu dengan menekan bagian luar atas dan bawah bingkai LCD jika di tekan lalu lepas perhatikan apakah di layar menu tetap utuh atau sudah buram.

* Lihat bodi di dalam, lihatlah permukaan mika bening di keypad perhatikan di baut penutup apakah terlihat retak /masih mulus?

* Segel, ini penting lihat apakah segel hologram nokia masih terpasang atau sudah dilepas jika sudah terlepas atau tidak ada lagi, berarti hp tersebut pernah di servis.

* Signal sinyal, merupakan nyawa dari sebuah handphone banyak kasus di hp nokia adalah tejadi no signal kerusakan sinyal untuk penggantian sparepart-nya saja sekitar 200ribu. Namun banyak diakali dengan diservis dengan cara mengangkat sinyal tersebut untuk sementara waktu lalu di jual. Untuk mengecek sinyal ada cara yang ampuh yaitu menggunakan kartu SIMPATI jika menggunakan simpati jika sinyal terlihat naik turun terlalu lama mungkin sinyal sudah bobrok. Karena Sinyal simpati sangat mudah ditangkap di banding kartu lain.

* Kardus pembungkus dan buku panduan, cocokkan apakah dus itu benar-benar dus yang sesuai dengan handphone yang tertera. Untuk mencocokkan antara dus dan handphone bisa dilihat dari no IMEI yang tertera di balik batere dan di sampng dus cocokan apakah nomornya sama. Jika berbeda bisa jadi itu handphone curian.

Sebenarnya tips-tips yang lain masih banyak namun di sini saya menulis yang inti-intinya saja agar ketika anda ingin membeli handphone bekas bisa mendapatkan barang yang tidak mengecewakan walupun ada garansi dari toko. Namun di sini kualitas tetap no 1 yang kita perhatikan.

Sebelum di Conter :

• Tentukan Budget, hal ini akan menentukan ke arah mana hp second seperti apa yg akan kita beli.
• Tentukan Merk dan tipe Hpnya, Bila sudah terplot bugdetnya, maka tentukan sejak awal merk dan tipe apa yg akan kita beli, supaya tidak bingung ketika sudah mengunjungi conternya.
• Datangi Phone Market, dengan alasan agar bisa melihat banyak pilihan conter dan stok hape, tapi untuk survey harga coba masuk kesalahsatu conter yg tidak di phone market, karena biasanya harga di phone market lebih tinggi, sekedar untuk patokan negosiasi aja.

Ketika di conter :

• Pilih Hp, segera tentukan pilihan dan lihat hp yg kita minati.
• Cek Hp, nah ini lumayan urgen ada beberapa cara, yaitu :cek secara fisik, apakah kondisinya masih normal? tidak ada lecet ato retak secara fisik, lalu minta sang penjaga untuk membuka casing hpnya, dan lihat kondisi batre dan baut2 di fisik hpnya, apakah ada bekas bongkaran? ato dah pernah dibuka secara fisik? klo iya tanyakan kerusakan apa yg telah terjadi. Cek secara software, Nyalakan Hp dengan menggunakan simcard aktif, akan bisa mendengarkan speaker dan mic berfungsi dengan baik apa tidak? trus cek menu-menunya, apa ada yg janggal dan tidak berfungsi? dan langkah terakhir, tombol keypadnya tekan secara acak dan cepat, bila hang itu hp gak layak beli bila responsenya bagus bisa dipertimbangkan.

Ya kira begitulah yg dapat saya sharing pada teman2, bila ada pertanyaan? silahkan

Anda menyukai artikel ini?

Bantu kami mengembangkan PingooMoslem,

By donating you will help supporting the server and help keeping the project alive

ATTENTION PLEASE!

Image

Demi memperbaiki dan mengembangkan blog ini agar menjadi lebih baik, Apabila Anda menemukan link yang mati/sudah tidak berfungsi atau gambar yang sudah tidak muncul/expire, silahkan hubungi kami disini. Laporan Anda sangat berguna pada perkembangan blog ini. Terima kasih atas perhatiannyathanks


Berlangganan Gratis via Email

Dapatkan artikel dan info di blog ini langsung dari email Anda.
Isikan alamat email Anda di bawah ini :


▂ ▃ ▅ ▆ █ Artikel Yang Terkait █ ▆ ▅ ▃ ▂

1 comments :

Anonymous said...

NICE TIPS....... :ok

Terima Kasih Telah Berkomentar Di → Tips Membeli Handphone

PingooMoslem Center

Merupakan suatu kehormatan bagi kami jika Anda menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.
Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel ini.

Terima kasih, komentar Anda sangat berarti bagi kami PingooMoslem

♥ Expresikan Komentar Anda Dengan Emoticon Ini ♥

Ex:=> Ketik :9

:1 :2 :3 :4 :5 :6 :7 :8 :9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :e9 :a8 :c8 :b1 :b2 :b3 :d4 :b5 :b6
(+) Lebih Banyak Emoticon...

Post a Comment


PingooMoslem™

CopyRight© Rezky, All Rights Reserved.

x
x
x
x
01-Aug-2016
About Us
Online